Pertemuan 9
Evaluasi Kampanye Rita Park
1. Evaluasi Kampanye
Evaluasi mengukur
perkembangan yang dicapai dalam meraih tujuan yang telah ditetapkan dalam
kampanye dan/atau sasaran untuk program yang lebih besar. Konvensi Kerangka
Kerja Pengendalian Tembakau Organisasi Kesehatan Dunia menyoroti evaluasi
sebagai proses yang sangat penting dalam pengendalian tembakau secara efektif
dan menyeluruh.
Ingatlah, untuk
memiliki ukuran dampak kampanye, Anda memerlukan pra-ukuran atau tolok ukur
sebagai pembanding bagi pasca-pengukuran. Karena itu, penting halnya bahwa
evaluasi menjadi salah satu hal pertama yang direncanakan.
Evaluasi yang
dilakukan secara cermat akan memberikan banyak informasi berkenaan dengan
kelebihan dan kekurangan pelaksanaan kampanye yang pada gilirannya dapat
digunakan sebagai rekomendasi bagi penyelenggaraan kampanye berikutnya.
2.
Mengapa Melakukan Evaluasi kampanye
Gregory (2000) pakar kampanye Inggris
mengemukakan lima alasan penting mengapa evaluasi perlu dilaksanakan.
1.
Evaluasi dapat memfokuskan usaha yang dilakukan. Jika tahu bahwa Anda
akan dinilai berdasarkan kriteria tertentu, maka akan lebih memfokuskan
usaha pada hal-hal yang menjadi prioritas pencapaian tujuan.
2.
Evaluasi menunjukkan keefektifan pelaksanaan kampanye dalam merancang dan
mengimplementasikan programnya. Bila dalam suatu program kampanye Anda
berhasil menunjukkan keefektifan kerja, maka itu akan meningkatkan kredibilitas
Anda sebagai pelaksana kampanye.
3.
Memastikan efisiensi biaya. Kampanye selalu melibatkan biaya besar,
dan penyelenggara kampanye tidak ingin dana dan berbagai sumber daya lain
terbuang sia-sia. Mereka selalu menghendaki adanya pencapaian tujuan yang
berarti sebagai ganti biaya yang dikeluarkan. Jadi setiap rupiah yang
dikeluarkan sudah jelas peruntukkannya.
4.
Evaluasi membantu pelaksana untuk menetapkan tujuan secara realistis, jelas
dan terarah. Di sini berbagai relevan akan dengan cepat diidentifikasi dan
langsung disingkirkan.
5.
Evaluasi membantu akuntabilitas (pertanggungjawaban) pelaksana kampanye. Dalam
hal ini pelaksana kampanye dapat mempertanggungjawabkan segala kebijakan,
tindakan bahkan rancangan kampanye yang telah dibuat sebelumnya.
3.
Evaluasi Kampanye Keselamatan Jalan di Rita Park
a.
Kekurangan
·
Kurangnya koordinasi saat acara jadi ketika acara
berlangsung personel banyak yang tidak berada di tempat,menyebar tidak jelas
jadi massa yang sebenarnya tertarik malah tidak diajak dan cenderung mencari
massa di parkiran tidak di sekitar tempat acara
·
Lagu yang diputar atau dinyayikan tidak sesuai genre
atau tema keselamatan jalan malah memutar lagu dangdut
·
Terlihat sekali kurangnya kesiapan pelaksanaan acara
karena acara terkesan semrawut
·
Tidak ada yang menjaga stand di foto corner untuk mengarahkan pengunjung
untuk melakukan foto corner padahal
banyak yang melirik namun takut-takut
b.
Kelebihan
·
Mampu menjelaskan game secara gamblang dan jelas
·
Kreativitas saat gerakan flash moop keselamatan jalan
·
Jadwal acara sudah tersusun rapi namun ketiadaan massa
mengakibatkan jadwal tidak berjalan dengan baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar